Menjalankan Wasiat Mamah

 Beberapa minggu belakangan, saya mengabarkan bahwa saya dalam kondisi stabil dan semakin bisa beradaptasi dengan keadaan. Kamis kemarin saya down lagi, ada sesak dan rindu yang menyiksa. Saya menangis hingga dua jam. setealh 23 hari saya lalui dengan senyuman, tanpa tangisan dan perasaan lainnya, tanggal 24 kerinduan itu pecah dan terasa menyiksa. Ya Alloh, tempatkan Mamaku di syurgaMu ya Alloh, aamiin ya robbal alamin. Saya rasa penyebab lainnya saya merasakan hal tersebut sepertinya pengaruh hormon, jadwal bulanan saya datang dan membuat emosi saya kandas seketika, setelahnya Alhamdulillah aku merasa lebih baik. 

Sejak awal minggu saya merasa bimbang, karena saya harus memutuskan untuk pergi ke Sumedang atau tidak. Jadi, ketika mamah masih ada, mamah sempat bilang " Neng, bulan Februari kita ke Sumedang yuk! Nenek Tati (Adik dari alm. kakek), tantenya Mamah) mau nikahin cucunya. Kita disuruh kesana" aku bilang "Hayuk mah, asal mamah sehat dulu!" kondisi mamah sudah sakit. Qadarulloh, mamah sekarang sehat banget, nggak ngerasain sakit lagi. Bulan lalu, nenek pun berulang kali mengatakan aku harus hadir ke pernikahan cucunya dan saya sanggupi. Tapi karena kasus omicron meningkat dan sedang banyak banget yang sakit, saya merasa ragu apakah saya akan berangkat atau tidak. Kecenderungan untuk tidak berangkat, ada. Bahkan beberapa kali terpikir untuk tidak berangkat. Saya terus memohon petunjuk pada Sang Maha Kuasa, agar keputusan yang saya ambil tidak salah. Saya takut malah membawa penyakit pada orang sekitar sepulang dari sana. 

Entah bagaimana, di hari kamis. tante yang saya telepon mengatakan bahwa dia tidak akan hadir karena tante yang satunya tengah sakit, makin ragulah saya untuk datang. Tapi keesokan harinya, beliau mengabarkan bahwa beliau akan berangkat. Dilema menjadi. saya terus meminta petunjuk pada Alloh SWT.  Mulanya saya berencana untuk berangkat hari Jumat siang, tapi karena satu dan lain hal, saya tidak jadi berangkat. Tetapi entah bagaimana, malamnya saya merasa yakin untuk berangkat. semua keraguan dan ketakutan itu menghilang entah kemana. Akhrnya Sabtu pagi saya memutuskan untuk berangkat ditemani seorang murid. sebenarnya saya tidak masalh pergi sendiri, tapi mengingat ini kepergian jauh pertama saya tanpa mamah, saya merasa butuh teman agar tidak melulu nangis mengingat mamah. 

Akhirnya berangkatlah saya pukul 09.14 WIB dan tiba di tempat pukul 16.30 karena harus berganti kendaraan dan macet juga. Alhamdulillah, mungkin memang ini petunjuk dari Alloh saya harus kesana, saya bersyukur bertemu dengan orang-orang yang mengenal mamah, keluarga mamah dari pihak kakek, memperpanjang silaturahim. Alhamdulillah. Setidaknya aku bisa membuat mereka tidak melupakan mamah dan menjadi kenal sama aku, alhamdulillah. semoga silaturahim ini tetap terjaga dan teu pareumeun obor istilah sundanya mah. 

Aku masih mengingat sebagian besar dari mereka, ada yang kutemui terakhir kali ketika Sd dan SMP, iya aku masih ingat. mereka bahkan terheran-heran dan berkata "Oh, pernah ketemu ya? atuh udah lama banget ya". Yaaaaaaaaaaaaaa... dulu aku masih imut-imut dan sekarang semakin imut, hehe. Alhamdulillah Alloh memberi ingatan yang bagus sehingga saya bisa menyapa mereka tanpa salah menyebutkan nama. 

Ada ketenangan tersendiri karena memutuskan berangkat dan menjalankan wasiat mamah. Terima kasih ya Alloh untuk keyakinan yang diberikan. Mah, neng udah ketemu saudara-saudara mamah ya! Bismillahirahmanirrahim semoga silaturahim ini tidak terputus ya. semoga tetap bisa memanjangkan kebaikan mamah melalui bersilaturahim dengan saudara jauh. Bismillahirahmanirahim.

Komentar

  1. Alfatihah untuk mamanya mbak, inshaAllah mama bahagia di sana melihat mbak menjalankan wasiyatnya. Tidak mudah memang mbak kehilangan seseorang yang sangaaat kita cintai dan budan butuhkan, tapi mbak melewatinya dengan kuat & sabar. Peluk online untuk mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya mbak. Insya Alloh semakin dikuatkan oleh Alloh,.

      Hapus
  2. seneng banget dengernya kak, sudah bisa menjalankan wasiat mamanya. insyaallah kebaikan akan dibalas dengan kebaikan ya kak, jaga terus silaturahim dengan sanak saudara. semoga diberikan kekuatan dan kelapangan hati, semangat terus kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin ya rabbal alamin, bismillahirrahmanirrahim semoga bisa selalu seperti itu

      Hapus
  3. Alhamdulillah. Ikut senang akhirnya Mbak jalan-jalan. Semangat ya Mbak. Berjumpa dengan saudara - saudara juga menghibur hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, Alhamdulillah. Memanjangkan silaturahmi juga

      Hapus
  4. MasyaAllah.. Alhamdulillah bisa menjalankan wasiat almarhumah mamanya ya Mbak. Silaturahmi dengan keluarga, yang insyaAllah banyak kebaikan di dalamnya.. Tetap semangat Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, Alhamdulillah dipermudah jalannya. Alhamdulillah

      Hapus
  5. Pilihan yang tepat Mbak.. Ikut senang ya sudah bisa menjalankan wasiat almarhumah mamanya.. Alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, Alhamdulillah Alloh memepermudah segalanya

      Hapus
  6. Berdukalah sesuai porsinya Mbak. Menjalankan amanat yg pergi adalah termasuk upaya juga untuk melakukan healing. Menurut pengalamanku si begitu

    BalasHapus
  7. Semangat ya Mbak. Semoga hari-hari berat ini segera berlalu. Naik level lagi ya Mbak, selalu semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin ya robbal alamin, makasih ya

      Hapus
  8. Tetap semnagat mbak, life must go on. Allah pasti memberikan kemudahan

    BalasHapus
  9. Tetap semangat ya mba. Semoga bisa melalui lubang kehilangan ini dan bangkit dengan indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin ya rabbal alamin, semoga tak hanya semoga, makasih supportnya ya

      Hapus
  10. Selain menjalan wasiat almarhumah, ke Sumedang juga jadi ajang healing, dengan liat suasana baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak ... Udah lama juga ga ke Sumedang

      Hapus
  11. semoga makin kuat ya mbak, salah satu hal yang membuat kuat adalah bertemu dg orang .mgkinini akan meredakan rasa rindu smga makinkuat mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semoga tak hanya semoga. Terimakasih doa dan dukungannya

      Hapus
  12. Masyaallah. Deket banget sama mama, ya. Moga dirimu dilimpahi kesabaran yang bertambah-tambah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dekeeeeeet banget. Terimakasih doanya mbak

      Hapus
  13. Alhamdulillah bisa tetap kuat dan semangat menjalankan wasiat mamah, Mbak. Senangnya Mama punya anak seperti Mbak. Saya pernah merasakan duka yang cukup lama juga, nangis sampai vertigo kambuh. Tapi lama-lama bisa semakin ikhlas dan berusaha untuk mengingat kenangan yang menyenangkan aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semakin pulih, semoga bisa menata hidup lebih baik ke depannya

      Hapus
  14. Alhamdulillah.. Insya Allah ke depan semakin dikuatkan, diberi rasa ikhlas berlipat-lipat setelah kepergian mamah.. Karena sejatinya kematian hanyalah gerbang, menuju kehidupan abadi yang kita juga sedang menuju ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin ya rabbal alamin, semoga dimampukan untuk mencari bekal sebanyak-banyaknya

      Hapus
  15. Al Fatihah untuk ibunda tercinta ya kak. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Aamiin. Semoga kakak selalu semangat menghadapi hari-hari berikutnya. Semangat ya Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih doanya mbak, semoga doa baik mbak dibalas kebaikan berlipat ganda oleh Allah SWT

      Hapus
  16. semoga dengan silaturahmi ini, mamah mbak makin tenang dan bahagia karena banyak kerabat yang mendoakan pastinya. semangat terus ya mbak! sehat selalu. aamiin. Alfatihah untuk mamahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin ya rabbal alamin, terimakasih doa baiknya mbak. Semoga dibalas kebaikan berlipat ganda oleh Alloh SWT

      Hapus
  17. insya Allah dengan silahturahmi yg enggak putus ini, banyak kerabat dari almarhumah Mama ikut mendoakan. aku doakan juga insya Allah diberikan rejeki ketenangan dan semangat ...aamiin

    BalasHapus
  18. Semoga diberi ketabahan, Mba. Sebagai anak kita sebaiknya terus jalankan silaturahmi kerabat orangtua. Semoga mbak menerima kepergian-Nya dan tidak sedih lagi

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah ya, bisa memanjangkan persaudaraan serta memperpanjang tali silaturahmi. Semoga tetap berlanjut ya

    BalasHapus
  20. Semangat terus Mbak. Saya baca postingan Mba dari awal tentang almarhumah sampai sekarang. Kalau dijadiin buku pasti bisa menginspirasi banyak orang yang sedang berada di posisi Mbak. Yuk mbak jadiin karya untuk mengenang almarhumah Mamah :)

    BalasHapus
  21. Melegakan ya bisa menjalankan wasiat ibunda tercinta. Banyak bertemu kerabat, semoga makin dikuatkan. Dan perlahan bisa memulihkan luka atas kehilangan.

    BalasHapus
  22. Semoga jadi amalan berdua denagn sang ibu karena tetap menjaga tali silaturahmi dengan saudara jauh.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah ya Mbak. Aku juga kadang ingin silaturahim ke rumah saudara-saudara dari pihak almarhum ayahku. Tapi karena aku merantau, hal itu hanya bisa sekali sekali kalau mudik. Hiks.

    BalasHapus
  24. Wasiat hal paling membuat kita terharu dan makin merindu

    BalasHapus
  25. MashaAllah~
    Semoga dengan memanjangkan amalan baik yang pernah dilakukan oleh Ibunda tersayang, maka akan menjadi amalan jariyyah untuk beliau rahimahullah.
    Semangat bersilaturahm.

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah ya neng, bisa ketemu dengan saudara2 almh mamah. Sudah menjalankan wasiat mamah dan memperpanjang silaturahmi dengan keluarga besar.

    BalasHapus
  27. alhamdulillah sudha menajalankan wasiat mama, lega ya kak sekarang, semoga tetap terjalin silaturahminya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Kerinduan

Beginilah ....!